selamat datang ayo budal

Legrex adventure adalah sekumpulan wong ganteng ganteng dari berbagi profesi berbeda seperti tukang las,pedagang baju,porter pasar,kurir,buruh pabrik,mecanic,pelajar,mahasiswa,sopir,tukang batu,petani,salesman,satpam gak ada yg keren ya dari kami tapi ya budal ae...seng penting hepi berpetualang bersama-sama n tak membedakan siapapun
hiking & backpaker yg kami pilih,no touring

ikuti perjalanan seru bersama " LEGREX "

Rinjani - mt.agung

jalur Sembalun.

Bus executive mulai memasuki kapal roro menuju lombok..ya kami 4 orang agung ,wisnu,jun & rudi akan melakukan pendakian ke rinjani via desa sembalun..
Di dalam kapal kami sempat berkenalan pendaki dari Jakarta.ya sama tujuan kami sama akhirnya kami bergabung karena sama2 pernah menggapai puncak rinjani.
Cuaca saat itu cerah, banyak lumba-lumba saat itu..4 jam kapal sandar ke pelabuhan lembar.bus melanjutkan ke mataram.
Di kota mataram..tepatnya di terminal ketika kami turun barang bawaan kami di bagasi di rebut sama calo – calo kami pun kerepotan merebut barang bawaan kami..tapi kami berhasil merebutnya kembali.
Ya rombongan kami tambah 3 orang setelah pendaki Jakarta ikut rombongan kami jadi kami sekarang bertujuh..
Kami naek angkutan langsung tujuan sembalun saat itu..
Panas terik cuaca saat itu..bikin ngantuk di dalam mobil yang penuh penumpang yang dari pasar .enak2 tidur…angkotnya berhenti tinggal kami bertujuh di dalam mobil..kata supirnya kami mau di oper karena dia rugi kalo bawa penumpang sedikit ya gak apalah.
sembalun
Perjalanan kami lanjutkan …kali ini kami berbarengan dengan penumpang yang abis belanja ikan..aduh…bau amis semua…jalanan mulai menanjak.pemandang hutan di peg.rinjani keren euy.. banyak bukit hijau yang berbaris n taman bunga …ya 2 jam lebih perjalanan kami akhirnya sore kami tiba di desa sembalun..barang kami turunkan dari atas ..ada yang ga beres..pak supir minta ongkos lagi ke kami wah kami protes saat itu karena kami sudah bayar penuh di terminal..ternyata angkot yang pertama kami tumpangi nakal tidak memberikan ongkos sisa perjalanan kami waktu kami di oper ke angkutan lain.wah kami tertipu deh..yah terpaksa kami bayar lagi.sial…
Ya udalah..akhirnya kami meneruskan perjalanan kami melewati kebun sayuran penduduk menuju pos perijinan taman nasional Rinjani..
Hari mulai petang kami memutuskan to mendaki esok hari aja karena badan kami lelah seharian terguncang2 di dalam angkot .
start
savana
Oke keesokan harinya tepat pukul 07.00 wita kami mulai mendaki melewati savana/padang rumput yang hijau..saat itu meski masih pagi tapi cuacanya cerah n terik panas…banget.. 3 jam tiba di pos pertama….lanjut lagi pos 2…pos3…
pos 1

bukit penyesalan

trek mulai menanjak naik turun bukit …banyak sekawanan monyet liar mendekati kami minta makan he..he..di bukit penyesalan nafas mau putus rasanya jalur terjal lurus n panjang..teman2ku meninggalkan ku di belakang saat itu kayaknya aku kurang enak badan tapi aku paksakan aja .susah payah akhirnya

plawangan sembalun
aku tiba di pos plawangan sembalun..wii..keren posisinya di atas danau segara anak..keren .. tenda uda jadi aku pun istirahat..badan rasa sakit semua rasanya.wisnu temanku memang baek he..he.. aku di pijiti sama dia ha..ha..di kerokin juga wah thanks bgt bro saat itu gue masuk angin.
Malamnya udara dingin banget rasanya enggan bangun tapi pukul 03.00 wita bersiap menuju puncak..lampu senter n minum n makan tak lupa kami bawa..
Jalanan setak yang gelap kami lalui pelan2 karena oksigen mulai tipis di tambah harus berhati2 bila tidak terperosok kedalam jurang.
puncak rinjani

Matahari mulai terbit ..sungguh pemandangan yang luar biasa..kami akhirnya sampai di puncak rinjani di ketinggian 3726 mdpl. Dari atas bisa melihat gunung agung di bali..n pulau sumbawa hhaaa…….puas rasanya…
Kabut mulai datang pun kembali turun banyak sekawanan monyet di perjalanan ..
 setelah kami makan kami packing karena kami akan lajut lagi to turun ke danau segara anak..butuh waktu 4 jam menuruni bukit.
Sore kami baru sampai suasana di danau nyaman sekali ..ini adalah tempat favorit semua pendaki to camp pemandangannya bagus.
Kami keluarkan pancing…kami akan tangkap ikan sebanyaknya..
Hari ini hari yang beruntung tangkapan kami lumayan banyak..cukup to pesta..nanti malam.
gua susu
Keesokan harinya kami mulai menjelajahi sekitar danau sungguh menarik banyak sumber air panas n gua he..he.. tapi tempatnya jauh turun masuk hutan..tapi ga rugi kalo kesana .

Setelah 1 hari di camp di danau segara anak kami harus melanjutkan lagi perjalanan kami..kami turun gunung lewat jalur berbeda yaitu senaru…
…………………..
Thanks Tuhan kami di berikan kesempatan bisa melihat pemandangan yang indah ini.
Kami bersemangat pulang..eeeettt…kami masih belum selesai karena kami dari lombok langsung melanjutkan pendakian ke gunung agung di bali.

kampung adat suku sasak

Jalur senaru
Legrex adventure kali ini melakukan pendakian ke gunung rinjani pada bulan desember 2007 sebelumnya kami pernah melakukan pendakian ke gunung ini di tahun 2005 & 2006 nah kali ini kami akan melakukan pendakian yg beda..karena kami pengen menikmati alam lombok kami mencoba menempuh Surabaya – lombok dengan mengendarai sepeda motor.

Oke kali ini kami berangkat 3 orang agung,puput & nanang. Sore itu kami sibuk packing dengan bawaan kami,dengan di bantuin teman2 selesai juga keperluan kami to beberapa hari di rinjani. Kami bawa 2 motor saya kebagian to membawa 2 karier super gede n berat..aku ikat di jok belakang motor..kalo bensin habis ya di bokar lagi muatannya.sedangkan motor satunya to berboncengan dengan membawa tas kecil ,

Sore pukul 16.00 wib kami start sore yang cerah saat itu kami tancap gas n 2 jam kemudian cuaca berubah menjadi hujan kami berteduh di daerah paiton hujan reda pukul 19.00 wib pun mengejar waktu yang terbuang karena kami ingin mengejar kapal pertama di pelabuhan padang bay di bali to menyebrang ke lombok.
Perjalanan melewati hutan Baluran hujan turun lagi kami tetap meneruskan perjalanan kami meski hujan pukul 01.00 wita kami telah memasuki kawasan taman nasional bali barat setelah menyebarangi selat bali…kami waktu ngisi bahan baker di daerah jembrana saat itu kami memutuskan to istirahat karena rekan kami nanang mengantuk sampai2 dia menabrak anjing yang ada di pinggir jalan..oke 2 jam sepakat to istirahat.alarm berbunyi kami pun bersiap to berangkat kembali tapi rekan kami puput kayaknya meriang karena kehujanan semalaman sepanjang perjalanan jawa-bali dia berniat untuk tidak meneruskan perjalanan.tapi saat itu aku berhasil memberi semangat sama dia to meneruskan perjalanan.pukul 06.00 wita kami tiba di denpasar …huft… semangat puput kendor lagi dia memutuskan to tinggal di bali aja n tidak melanjukan perjalanan karena alasan kelelahan karena kurang tidur saat itu aku coba membujuk kembali puput to tetap meneruskan perjalanan coz nanggung karena sudah separuh perjalanan..aku bilang aja dari denpasar ke padang bay 1 jam ntar kita bisa istirahat di kapal 4-5 jam saat menyebarang ke lombok..oke akhirnya sepakat to lanjut lagi cihuy…langsung kami tanjap gas langsung menuju pelabuhan padang bay.saat di kapal sepeda motor kami di ikat sama awak kapal karena saat itu cucah buruk.. wah peduli setan dengan gelombang besar kami tidur aja di kapal he..he...4 jam kok masih di tengah laut wah ternyata memang cuacanya buruk ya 8 jam kapal baru sandar juga di pelabuhan lembar. Rekan kami puput stress dengan kejadian tersebut di bersih keras to pulang .gila udah sampai mau pulang..kalo kamu pulang kami juga pulang…saat itu terjadi adu argument tapi kami kembali sepat to lanjut lagi…perjalanan di lombok sungguh indah melewati sawah yang menguning n berbukit kami pun melewati kota mataram tapi kami tidak punya waktu to singgah ke di kota itu kami tanjap gas to menuju kec.bayan n ke desa senaru…jalur mulai berbukit2 n masuk hutan ..sungguh keren pemandangannya puput merasa terhibur dengan pemandangan yang indah “ ternyata lombok indah “ he..he dia malu karena kejadian tadi yang berniat pulang .dia mulai semangat di sepanjang jalan di bukit banyak rombongan kera ..banyak turis turun dari mobil to memberi makan
Setelah jalan lama melalui jalan berkelok-kelok akhir kami tiba di kec.anyar hujan deras..banjir ..kami berteduh sepi banget suasana di lombok hari hampir gelap kami lanjut lagi hujan2an deh jalanan gelap gulita tanpa ada lampu jalan melewati pinggiran pantai n perkebunan jambu mente..sampai juga di kec bayan. Tapi tambah sepi maklum daerah pedalaman.lanjut lagi coz menuju desa senaru masih jauh ya pukul 20.00 wita kami mulai memasuki kawasan desa senaru..gila hujan ga berhenti dari jawa-lombok kehujanan terus badan kami amat payah akhirnya kami memutuskan to bermalam di gazibu milik warga kami meminta izin to bermalam di depan rumah mereka.ternyata penduduk senaru ramah2 kami di jamu saat itu sama pemuda setempat mereka tidak percaya kalo kami dari Surabaya ke lombok naek motor dengan bawaan yg besar2…he..he.. ada kepala dusun saat itu n bergabung dengan kami nah saat itu kami di undang ke rumah kepala dusun magling – senaru wah senangnya..kami pun bergegas n menuju rumah beliau. Kami disuguhi makanan khas lombok yg super pedas wah mantap banget..sambil berbincang hingga tengah malam di temani mertua pak rahman si kepala dusun. Kami tertidur nyenyak…zzzz…..
Hari mulai terang kami bergegas melanjutkan menuju pos perijinan kami berpamitan dengan keluarga pak rahman tak lupa kami di bawakan bekal to di jalan oleh bu kepala dusun.
Kami parkir motor kami n membeli tiket masuk 10 ribu kalo tidak salah per orang .akhirnya kami pun mulai beraksi.dari pos perizinan ke pintu welcome rinjani 1 jam lamanya melewati kebun2 warga..masuk hutan yang rimbun jenis hujan tropis yg lembab..hmmm segar sekali udara nya saat itu aku melihat pohon besar n berakar panjang di HM 0,5 aku bercerita sama temanku bahwa di daerah sini angker aku dulu pernah dapat gangguan di tempat ini.pos pertama kami lewati terkadang bertemu bule yang lewat n menyapa kami dengan ramah.di pos 2 kami beritirahat menyantap bekal dari bu rahman tak lama kemudian ada rombongan keluarga dari jogya dengan jasa guide mereka hendak ke puncak..kami pun bergabung dengan mereka …jalanan makin terjal hari makin sore akhirnya kami camp di post 3 aku punya kenangan di pos 3 temanku lari terbirit birit melihat ular gede banget konon katanya penunggu pos itu..tempatnya di dekat sumber air.keren banget banyak yang camp di sana warna warni tenda..waktu itu tepat tanggal malam natal so banyak bule dari eropa merayakan malam natal mereka makan2 bernyanyi n berpesta..seru…pokoknya malam itu.di rinjani signal handphone penuh so bisa kontek2an ma teman2 kecuali di berada di danau.
Keesokan harinya kami bergegas melanjutkan perjalan ke plawangan senaru…saat itu hujan n berkabut wah..kami belum beruntung,tak apalah kami pun menuruni tebing menuju danau segara anak..jalanan licin n longsor sesekali kami melihat jatuhan batu dari atas karena terbawa aliran air.
Menjelang petang kamimendirikan kan tenda di pos yang di pinggir danau..cuaca makin ga bersahabat badai bertiup kencang …kami memilih berkumpul aja di tenda sambil masak..keesokan hari niat kami ingin melanjutkan ke puncak rinjani terhampat badai semakin menggila hujan2 terus air danau yang tenang berubah bergelombang..pohon tumbang..tapi kita mulai bosan di tenda terus akhirnya kami memutuskan  berendam air panas aja meski cuaca diluar berbahaya….sepulang berendam kita mencoba
memancing ikan ..lumayan lah dapat 3 ekor to makan malam.

Tengah malam badai makin menjadi pondok2 di bikin roboh…pondok aja roboh apalagi tenda ya tengah malam tenda kami roboh..frame fiber tenda patah..malam itu semua panik ..para pendaki yang lain pun juga . ada 2 tenda yang masih bertahan saat itu karena posisinya di balik batu besar..kami pun bergabung..semalaman tidak tidur sambil memegangi tenda..kata penduduk local bulan desember buruk2nya cuaca…dulu pada tahun 2006 yang lalu ada banyak pendaki tewas karena cuaca buruk seperti ini.

Keesokan harinya meski cuaca tidak berubah kami memutuskan tetap melakukan pendakian ke puncak.
-----------------------------------------
----------------------------------------
Dua hari kemudian kami memilih turun gunung melewati rute semula yaitu senaru..
Hujan deras kami ga peduli terdengar suara longsoran batu dari kejauhan menambah seru he..he..kepalang legrex wes…lanjut ..aja
Hari mulai gelap kami mulai memasuki hutan rimba ..gelap banget lampu senter mulai di keluarkan ..Cuma 2 senter yang kami punya sedangkan kami bertiga..kami harus buru2 coz persediaan baterai kami Cuma sedikit…dihutan pohon yang tinggi2 banyak yang tumbang..kalo kami hitung ada 7 pohon sampai ke pos 2 ..kami harus memanjat n memotong batang pohon itu..berat banget medan saat itu di tambah bawaan tas kami yang sering tersangkut..ya di pos dua batre senter habis total…
Wah makin berat lagi perjalanan kami..untung aku bawa 2 baterai hp ..so kami bertiga melewati dengan meraba kegelapan dengan lampu hp.kami memilih tetap turun gunung aja coz perbekalan kami sudah habis lagian kami tenda kami sudah hancur .
Perasaan gue ga enak dulu aku pernah di ganggu ma penunggu hutan ini..jadi teman2 ku ingatkan bila melihat penampakan jangan takut diam aja..jangan sampai berpencar tetap bersama-sama…
Pukul 01.00 wita kami tiba di pos perizinan …kami cari penjaga pos to mengambil motor kami ..sumpah lelah n lapar banget saat itu..kami memutuskan to menginap di rumah kepala dusun lagi…
Saat itu pukul 02.00 wita kami di rumah pak rahman … senang rasanya yang senang lagi bu rahman menyediakan kami makan ….langsung kami hancurkan..rata2 habis 2 piring maklum hampir mati kami dia atas gunung..enak2in aja dah makan.
Setelah kondisi kami pulih kami berpamitan to pulang ke jawa…terima kasih banyak to keluarga pak rahman yang telah menjamu kami selama di lombok…
Rute pulang kali ini kami ini lewati pantai..oke mulai kuta lombok n senggigi seru …n menyempatkan ke gili trawangan .
Sungguh perjalanan yang tak terlupakan 14 hari tak terasa..he..he..
Pulang2 badan Legrex……

melali ke gunung agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang Kab.Karangasem - Bali.

. Pendakian menuju puncak gunung ini dapat dimulai dari tiga jalur pendakian yaitu :
-Dari selatan adalah dari selat lewat sangkan kuasa.
-Dari tenggara ialah dari Budakeling lewat nangka
-Dari Barat daya yang merupakan jalur pendakian yang umum digunakan oleh para pendaki yaitu dari Pura Besakih.

JALUR PURA BESAKIH
Setelah melakukan pendakian di gunung rinjani kami melanjutkan pendakian kami di gunung agung via besakih ..setelah menyeberang dari selat lombok  malam itu kami beristirahat di pelabuhan padang bai sambil menunggu angkutan yang menuju besakih..setelah pagi tiba kami mempersiapkan logistik dengan berbelanja di pasar dekat pelabuhan..setelah itu kami naik angkutan langsung menuju besakih..dengan melewati kota klungkung.
Jalur besakih  ini sering dipakai pendaki, selain melewati kompleks pura Besakih yang terkenal , kita akan melihat pemandangan yang sangat mengesankan disepanjang perjalanan. Disepanjang jalur ini tidak terdapat mata air sehingga pendaki harus membawa bekal air yang banyak.
Tidak terdapat pos khusus untuk para pendaki, namun pendaki wajib melaporkan diri di kantor polisi di dekat pintu gerbang Pura Besakih. Agar selamat sebaiknya pendaki singgah di pura untuk berdoa, pantangan bagi pendaki agar tidak membawa daging sapi dalam bentuk apapun. Pada saat ada upacara besar biasanya pendaki dilarang naik karena menurut kepercayaan dan pengalaman masyarakat setempat biasanya sering terjadi kecelakaan pada saat ada upacara besar.
Mumpung hari masih siang kami langsung mendaki aja,Pendakian menuju puncak gunung agung ini akan melewati tempat-tempat ibadah orang bali, sehingga bagi para pendaki yang ketika akan mendaki mendapati upacara keagamaan disarankan agar menunda pendakiannya untuk menghormati ritual keagamaan tersebut. Disamping itu jalur yang dilalui sempit apa bila berjumpa dengan iring-iringan masyarakat yang hendak mengadakan upacara di gunung, ke beradaan para pendaki sangat mengganggu perjalanan mereka yang membawa berbagai sesaji.
Perjalanan diawali dari pura puseh lewat pura plawangan ke pura telaga mas kemudian perjalanan dilanjutkan ke tirta dasar sampai di batas hutan terakhir atau dinamakan hutan pengubengan. Melewati kompleks pura jalanan tertata rapi, kemudian kita memasuki kawasan hutan yang agak landai sekitar 1/2 jam, selebihnya jalur terus menanjak.

Jalur yang dilewati sempit dengan sisi kiri kanan jurang, jalur ini terdiri dari tanah bercampur pasir dan kerikil sehingga sangat licin, bila hujan jalur akan semakin parah. Terdapat banyak tanjakan terjal melalui akar-akar pohon dengan berpegangan menggunakan akar.yang menjulur
Dalam kawasan hutan ini jalur sempit sehingga bila berjumpa dengan pendaki lain harus minggir, juga hampir tidak ada tempat yang cukup luas untuk membuka tenda..
Perkemahan dapat dilakukan pada ketinggian 2500 meter atau setelah 5 jam pendakian melalui kawasan hutan.di pinggir2 tebing Di sini menjadi batas akhir hutan dan jalur agak lega dan terdapat tempat yang sedikit terbuka. Banyak terdapat monyet yang pemalu, mereka mengikuti pendaki namun tidak berani mendekat, berbeda dengan monyet di gunung Rinjani yang sangat berani dan mengganggu pendaki. Sore itu kita akan beristirahat di tempat ini lumayan bisa to 2 tenda kami

. Dari titik ini pendaki dapat melakukan point atau terus mendaki selama 3 jam sampai ke puncak kawah gunung Agung sebelah tenggara.

pagi hari kami kesiangan he..he..maklum perjalanan kami sangat melelahkan ..oke setelah sarapan kita langsung menuju puncak yang masih 1 jam lagi
Jalur berikutnya berupa tebing curam dengan batu-batu besar, pendaki harus merangkak dan memanjat tebing ini, pendaki harus mencari sendiri sisi tebing yang mana yang nyaman dipanjat. Selain sangat curam juga sangat berbahaya karena dibawahnya batu-batu besar siap menyambut kita bila sampai tergelincir kebawah, bisa-bisa pendaki akan menggelinding ke jurang yang lebih dalam lagi.
Setelah berhasil memanjat tebing, meskipun tanpa peralatan panjat tebing, kita akan disambut oleh lereng terjal dan tandus. Disini pendaki harus merangkak mendaki ke atas karena keterjalannya yang sangat curam. Pendaki akan tertipu seolah-olah disinilah puncak gunung agung, setelah bersusah payah memanjat tebing ini pendaki akan kecewa karena setelah sampai di puncak tebing tampak menjulang tinggi bukit pasir dan batuan yang jauh lebih tinggi dan lebih berbahaya.
Puncak tertinggi berada di sebelah barat daya, yakni sebuah bukit berbatu yang tandus dari batu gunung berapi yang runcing. Untuk menuju kawah Gunung Agung kita melewati beberapa puncak gunung yang berpasir dan jalur sangat sempit dan memanjang.
Jalur ini sangat curam dan berbahaya, lebih-lebih jika ada angin kencang dan badai akan semakin membahayakan pendaki.

Kawah gunung agung lebar melingkar dan sangat curam disisi luar, dan tegak lurus kecuramannya di sisi dalam kawah.
Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok,
Dan di sebelah barat kita bisa melihat gunung raung ,merapi,ijen,rante yang ada di banyuwangi dan juga melihat danau batur dari kejauhan .

Angin mulai kencang kami pun tak berlama2 di puncak kami pun turun …tapi perjalanan turun lebih sulit dari pada mendaki karena kita harus konsentrasi agar jangan sampai tergelincir jatuh ke jurang .

Jalur selat

Legrex adventure kali ini berkesempatan kembali mendaki puncak gunung agung ..
perjalanan naek motor dari Surabaya sangat melelahkan kami pun beristirahat sejenak di kota klungkung.. setelah itu kami melanjukan menujuh besakih dengan jalur yang berkelok-kelok di bukit jambul yang indah.melewati persawahan dan perkebunan.
Sebenarnya kami tak ada rencana ingin mendaki lewat jalur selat bermula di dalam perjalanan kami menolong seorang pemuda yang jatuh dari motor dan kami menolong dan mengantar ia ke rumahnya yang ada di kec selat kami memecah team kami ada yang lebih dahulu ke besakih dan ada yang ke selat to mengantar pemuda ini.
Menuju kec selat kita akan di suguhin pemandangan yang indah dengan sawah yang hijau dan sungai dengan jeram yang deras..di sini tempat titik to spot to rafting ternyata.setelah tiba di selat kami menerima kabar dari teman kami yang di besakih ternyata bila mendaki gunung agung harus pakai guide dan harganya ratusan ribu wah payah masak pakai guide gak seru perjalanan ini lagian terlalu mahal.kita sempat berbincang sama penduduk lokal ternyata di selat juga bisa to menuju puncak agung dari selatan wah kami pun tertarik..

Akhirnya kami di sarankan to menuju pura pasar agung karena kita akan melewati pura tersebut.setelah mengantar pemuda itu ke rumahnya kami pun lansung menuju ke pura pasar agung di perjalanan kita akan melewati perkebun jeruk dan salak wah seru juga lewat kampung2 pengukiran patung2 dari batu gunung. Jalan menuju pura pasar agung sangat terjal melewati hutan sampai motor harus di paksa kerja extra keras.akhirnya kami sampai juga di pura pasar agung ternyata pura ini terletak di dataran tinggi dan jauh dari keramaian…kondisi saat itu hujan deras dan tak ada hentinya dan membuat kami memutuskan untuk menunda pendakian kami dan melanjutkanya di malam hari sambil beritirahat karena lelah menempuh perjalanan motor dari Surabaya.saat itu kami bertemu dengan pendaki dari Jakarta sebut saja mas arif , dia hendak mendaki gunung agung seorang diri dan akhirnya kami bergabung dan akan melakukan pendakian bersama-sama..udara di pura pasar agung ternyata dingin juga dan mengharuskan kami mengerluarkan jaket kami yang tebal.

Pukul 23.00 wita kami pun bersiap2 untuk menuju puncak gunung agung peralatan yang berat kami tinggal di pura,pertama tama kita akan melewati hutan yang lebat dan menanjak ,jalan yang masih basah karena hujan sore hari membuat medan begitu sulit dan licin,setelah 2 jalan menanjak kita akan sampai di batas hutan kita akan melewati tebing-tebing curam dan berbatu di sini kita bisa melihat pemandangan kota klungkung dan kota yang lainnya
Tidak ada jalur yang jelas pada jalur ini dalam kondisi gelap kita Cuma ngira2 pokoknya sampai atas ya itu puncaknya ...jalur yang terjal membuat sulit perjalanan kami,tiba2 di bawah kami ada rombongan pendaki turis bersama para guidenya, ternyata rute yang kami ambil ternyata keliru …bukan keliru sih tapi yang kami tuju bukan ke puncak tertinggi..akhirnya kami potong jalur untuk coba untuk mengikuti mereka,akhirnya meski tambah jam lagi akhirnya kami sampai di puncak gunung agung ,dari kejauhan kita bisa melihat gunung rinjani yang megah dengan di hiasi sunrise

…puncak pada jalur ini sangat sempit kita harus berhati apa lagi kalo hendak berfoto-foto kalo tidak mau tergelincir jatuh ke kawah yang dalam dan jurang .
Di puncak ini ternyata ada patung dewa to melakukan ritual sembahayang ..dengan membakar dupa n membawa sesaji mereka dengan melakukan sembayang, hari makin terang kita bisa melihat pemandangan gunung gunung di banyuwangi dan gunung kecil di sekitar bali dan terlihat selat lombok dari kejahuan.ternyata di puncak ini banyak kera yang datang ,mereka mencari makan sesasi di letakan oleh penduduk sekitar di puncak..tapi kera di sini pemalu kalo di dekati mereka akan lari beda dengan yang di rinjani wah…nakal dan suka mencuri.

Hari uda mulai terik kami pun turun dari puncak , ternyata terlihat tanda silang di batu itu adalah petunjuk menuju puncak..pates kami keliru jalur tadi ternyata pentunjuknya Cuma batu yang di silang silang dan kalo malam tidak terlihat.

jalan turun ternyata lebih sulit dari pada mendaki kita harus hati kalo tidak mau jatuh di batu batu yang terjal.